5 Cara Mengatasi Tekanan Darah Tinggi



Cara Mengatasi Tekanan Darah

Cara mengatasi tekanan darah tinggi – Hipertensi merupakan salah satu jenis penyakit yang sulit terdeteksi. Sering kali orang yang terkena baru mengetahui saat sudah terjadi komplikasi secara ringan hingga berat. Sebagai pencegahan dini, di bawah ini terdapat tips-tips ampuh untuk Anda agar tidak mudah terkena semua gangguannya.

Bagaimana Cara Mengatasi Tekanan Darah Tinggi?

Penyakit hipertensi ini dapat menyerang siapa saja. Biasa anak-anak mudah hingga dewasa seperti orang-orang yang sudah lanjut usia. Namun jika Anda belum terkena, sebaiknya mencegah lebih dini daripada harus melakukan berbagai macam pengobatan. Untuk mengetahuinya, simak ulasan berikut:

Mengurangi Konsumsi Garam

Penggunaannya seringkali dijadikan sebagai bahan-bahan pengawet makanan atau minuman. Misalnya olahan daging, ikan, sayur-sayuran, buah, soda dan lain-lain. Dalam mengonsuminya, tidak boleh secara berlebihan. Cukup dengan satu sendok teh saja setiap harinya.

Untuk pencegahan, sebaiknya sering memakan sayuran atau buah-buahan dan memiliki alat terapi kesehatan Dr Laser dari https://drlaser-indonesia.co.id. Karena bisa digunakan untuk mencegah terkena tekanan darah tinggi maupun penyakit lainnya seperti serangan jantung dan stroke.

Mengukur Tekanan Darah Dengan Teratur

Kemudian langkah selanjutnya adalah Anda dapat melakukan mengecek kesehatan tubuh mulai dari anggota tubuh seperti bagian kepala, tangan, badan, hingga kaki secara mandiri.

Produk alat kesehatan ini biasanya berupa tensimeter yang digunakan untuk memonitor tekanan darah dalam tubuh.

Melakukan Aktivitas Fisik Secara Rutin

Dengan berolahraga seperti jogging atau lari santai dapat membuat Anda tidak mudah terkena tekanan darah tinggi. Selain itu juga membuat tubuh lebih segar bugar dan fit. Kegiatan ini bisa dilakukan kapanpun maupun dimanapun. Misalnya di rumah, lapangan khusus, arena olahraga, serta masih banyak lainnya.

Manajemen Stress

Metode selanjutnya yakni dengan melakukan kegiatan menyenangkan seperti bersosialisasi dengan orang baru, tidur yang cukup saat malam hari dan lain-lain. Karena jika kurang istirahat dapat membuat Anda menjadi mudah lelah dan overthingking. Hal ini bisa memicu terjadinya tekanan darah tinggi. Selain itu juga dapat melakukan kegiatan positif seperti bermeditasi.

Mengonsumsi Makanan Sehat Setiap Hari

Hal pertama yang harus Anda lakukan adalah dengan menerapkan pola makan 4 sehat 5 sempurna secara teratur. Sebaiknya perbanyak konsumsi nasi, gandum sayuran, buah-buahan, kacang-kacangan, daging sapi atau kambing, unggas misalnya ayam dan bebek hingga sering minum produk susu lowfat.

Tak hanya itu saja, Anda disarankan untuk mengurangi minuman manis seperti kopi, teh dan soda. Karena di dalamnya terdapat kafein yang dapat membuat tekanan darah tinggi. Kemudian sebaiknya juga menghindari makanan kalengan sebab cara pengolahannya biasanya ditambahi dengan banyak garam.

Terdapat 5 cara mengatasi tekanan darah tinggi. Yakni dengan mengurangi konsumsi garam, mengukur tekanan darah, melakukan aktivitas fisik, manajemen stress dan mengonsumsi makanan sehat.