4 Cara Menghilangkan Sablon Di Baju Yang Efektif



Cara Menghilangkan Sablon Di Baju

Sablon di baju yang di pakai selama bertahun-tahun pastinya lambat laun akan mengalami kerusakan atau pecah-pecah dan hal itu membuat gambar menjadi tidak menarik lagi. Jika bahan kaos ternyata masih bagus namun sablonnya rusak, maka menghilangkan sablon adalah solusi yang bisa di gunakan agar baju tetap bisa di pakai. Lantas bagaimana cara menghilangkan sablon di baju? Berikut ulasannya

Dalam kasus ini adalah menghilangkan sablon manual yang dikerjakan dengan rakel sablon, bukan sablon digital.

Memakai seterika

 

Cara Menghilangkan Sablon Di Baju

Seterika adalah alat pemanas yang fungsinya untuk merapikan baju. Hal ini semua mungkin kita mengetahuinya. Namun pasti kalian juga pernah mendengar jika menyeterika baju tdak boleh secara langsung mengenai permukaan sablon di baju karena sablon akan rusak dan menempel.

Dari hal ini bisa disimpulkan bahwa panas seterika dapat menghilangkan sablon. Dan bagaimanakah cara menghilangkan sablon di baju dengan seterika.? Berikut caranya

Bahan Dan Alat

  • Seterika
  • Baju yang ingin dihilangkan sablonnya
  • Alkohol
  • Kain kering
  • Pisau silet atau gunting

Cara Pengerjaan

  • Seterika kita panaskan selama kurang lebih 2-5 menit
  • Kaos yang akan kita hilangkan sablonnya dengan posisi sablon di atas kita tauh di atas meja
  • Kain kering pertama kita taruh di dalam kaos, dan kain kering ke dua kita taruh di atas sablon. Jadi ada 2 kain kering
  • Setelah itu gosok kain kering di atas sablon pelan pelan dan merata
  • Pada saat posisi kain kering di atas sablon panas, oleskan alkohol yang fungsinya agar sablon dan baju menjadi terpisah
  • Sablon yang mengelupas dan pecah-pecah kita tarik pelan-pelan dengan pisau atau guntung atau dengan kuku.
  • Ulangi langkah ini sampai sablon benar benar hilang
  • Terakhir cuci baju tersebut

Menggunakan Bensin

Ternyata selain digunakan untuk bahan bakar kendaraan bermotor, bensin juga bisa digunakan untuk menghilangkan sablon. Dari jaman dahulu memang bensin terkenal untuk menghilangkan noda pada baju.

Untuk cara menghilangkan sablon pada baju dengan bensin adalah dengan mengoleskan bensin pada bagian dalam sablon. Jadi dari dalam baju, bukan mengoles di atas sablon. Posisi mengolesnya bisa dengan cara membalik baju.

Diamkan beberapa saat lalu kemudian kupas sablon pelan pelan. Ulangi beberapa kali. Untuk cara ini mungkin tidak seefektif memakai seterika.

Menggunakan Pemutih Baju

Cara Menghilangkan Sablon Di Baju

Pemutih baju ini pada penggunaan umumnya adalah untuk menghilangkan noda di baju putih agar kembali putih kembali.Salah satu merk yang terkenal adalah bayclin. Sabun ini lebih kuat dari pada detergen biasa.

Untuk cara menghilangkan sablon dengan merendam kaos di dalam ember yang sudah dituangkan pemutih baju dan air. Rendam kurang lebih 10 menit kemudian kucek pada bagian sablon dan bersihkan dengan kuku.

Memakai cairan M3

Cara Menghilangkan Sablon Di Baju

Cairan M3 adalah cairan kimia yang keras dan mirip dengan tiner. Cara membersihkan sablon dengan cara mengoleskan pada kain kemudian bahan kain yang basah dengan cairan M3 tersebut kita oleskan pada sablon dan di gosok gosok. Namun agar tidak merembes kemana-mana pada bagian dalam baju kita taruh kain kering lainnya. Pakai masker dan sarung tangan plastik untuk menghindari bau cairan yang keras dan iritasi jika terkena cairan m3 di tangan.

Itulah beberapa cara menghilangkan sablon di baju untuk sablon manual karena jika sablon digital printing jersey tidak bisa dihilangkan, semoga bermanfaat.