Proses Printing Jersey Dengan Sablon Digital Print Sublimasi



proses printing jersey

Dengan semakin majunya teknologi maka semakin maju juga dunia industri dengan berbagai peralatan yang serba modern. Tak terkecuali dalam industri garment untuk pembuatan jersey olahraga dimana dulu kita hanya mengenal sablon manual, maka sekarang telah muncul sablon digital printing sublimasi. Namun masih banyak yang belum mengetahui bagaimanakah proses printing jersey dengan sablon digital print sublimasi.

Untuk itu disini kita akan membahas lebih detail namun singkat tentang bagaimana proses printing jersey sebagai berikut:

Dulu kita hanya bisa memesan jersey dengan desain yang simple, dengan kombinasi kain dan terdapat tulisan sponsor, nama. nomor punggung dan logo. Karena memang keterbatasan sablon manual dan bordir hanya bisa mengerjakan hal tersebut. Kalau di paksakan menyablon manual di banyak tempat maka akan menutup serat baju sehingga baju menjadi panas ketika di pakai. Dengan sablon digital printing maka kita bisa membuat desain dengan banyak warna sekalipun.

Jadi sablon digital tidak membutuhkan meja sablon, rakel sablon atau peralatan sablon manual lainnya.

Sablon digital printing di operasikan dengan komputer yang telah menginstal software khusus dimana software tersebut terhubung ke media printer dengan tinta sublim.

Proses Printing Jersey

Printer untuk membuat gambar di kertas yang sebelumnya telah di desain di komputer. Jadi buka print ke kain tapi masih ke kertas.

Tinta yang di pakai memang tinta spesial yang apabila di panaskan di atas kain, maka gambar di kertas akan berpindah ke kain. Inilah yang di sebut dengan proses transfer paper. Jadi desain yang sudah berupa desain pola kaos dengan ukuran asli, di print. Baru setelah itu desain pola pada kertas di press di atas media kain warna putih kemudian di press dengan suhu yang sangat panas.

Kenapa harus kain putih? Karena warna putih sifatnya netral bisa di timpa warna apapun sehingga tidak merubah warna. Beda halnya jika kain berwarna kuning, ketika ditimpa warna hijau maka hasilnya tidak hijau lagi, tapi hasil dari warna kuning dan hijau.

READ  Ciri dan Kelebihan Bahan Drill Jenis Castillo

Setelah desain sudah berpindah ke kain, barulah pola desain di potong satu persatu sesuai pola dengan gunting. Untuk bisa menghasilkan sebuah baju maka di butuhkan desain pola badan depan, badan belakang, lengan kanan, lengan kiri dan juga kerah. Semua di satukan dengan cara di jahit maka jadilah sebuah baju.

Kelebihan Dari Sablon Digital Printing

Ada banyak sekali kelebihan dari baju yang di sablon dengan sablon digital diantaranya:

  • Warna sablon awet dan tahan lama, tidak gampang luntur
  • Bisa membuat sablon pada seluruh bagian baju. Jadi ukuran sablon bisa sebesar-besarnya seluas baju.
  • Tidak menutup por-pori serat bahan kain jersey, jadi udara tetap terjaga sirkulasinya. Cocok untuk baju olahraga
  • Perawatan mudah, boleh di cuci, di seterika maupun di laundry

Itulah sekilas tentang proses pembuatan jersey printing dan segala kelebiannya. Semoga bermanfaat

Related Post