Mengenal Jenis-jenis Rakel Sablon Untuk Menyablon Baju



rakel sablon

Bagi anda yang sudah memahami apa saja alat-alat yang wajib ada dalam proses pembuatan sablon manual, anda pasti sudah tidak asing dengan alat yang satu ini. Rakel sablon merupakan salah satu alat dalam pembuatan sablon manual yang memiliki fungsi untuk menekan sekaligus mendorong tinta sablon yang ada di screen agar tinta tersebut dapat menempel pada bahan yang disablon, baik itu berupa kain, plastik, ataupun kertas.

Rakel secara umum terbuat dari karet rakel dibagian ujungnya dan memiliki pegangan yang terbuat dari bahan kayu dan ada juga yang pegangannya terbuat dari bahan aluminum. Nah, ujung rakel yang berupa karet ini ada berbagai macam bentuk.

Perbedaan bentuk pada tiap-tiap ujung rakel ini membuat setiap rakel memiliki fungsi spesifiknya masing-masing. Tiap konveksi baju seperti https://konveksi.co menggunakan jenis rakel berdasarkan media apa yang akan di sablon.

Apa saja jenis-jenis rakel dan bagaimana bentuk karetnya? Simak ulasan berikut ini untuk mendapatkan jawabannya

Jenis rakel sablon

Rakel lancip

Rakel lancip merupakan rakel dengan bagian karet yang berbentuk miring pada kedua sisinya sehingga terlihat lancip. Jenis rakel ini akan membuat hasil sablonan memiliki detail yang bagus. Dengan kemampuannya menghasilkan detail yang bagus ini, rakel lancip digunakan untuk menyablon foto orang. Biasanya rakel lancip ini digunakan untuk menyablon pada media seperti kain.

Rakel lancip dengan bagian ujung yang datar

Rakel lancip dengan bagian ujung yang datar memiliki bentuk yang tidak jauh berbeda dari rakel lancip. Perbedaannya adalah, rakel lancip miring dikedua sisi sehingga terlihat lancip, sementara rakel lancip dengan ujung yang datar selain miring di kedua sisi tapi bagian bawahnya datar.

Bentuk rakel semacam ini akan membuat tinta lebih tersalurkan ke media yang disablon dalam jumlah yang banyak. Dengan fungsi semacam ini, rakel lancip dengan ujung berbentuk datar biasa digunakan untuk menyablon media seperti kain parasut dan juga digunakan untuk menyablon media yang lain seperti keramik.

READ  Ciri dan Kelebihan Bahan Drill Jenis Castillo

Rakel kotak

Rakel kotak merupakan jenis rakel dengan bagian karet rakel bagian ujung berbentuk datar sementara bagian sisinya miring sebesar 90 derajat. Dengan bentuk semacam ini, rakel kotak bisa menghasilkan sablonan dengan tingkat ketajaman yang tinggi. Rakel kotak digunakan untuk menyablon media seperti kain dan plastik. Selain itu rakel jenis ini juga bisa digunakan untuk menyablon pada kertas yang memiliki tekstur kasar.

Rakel bulat

Rakel bulat merupakan rakel yang pada bagian karetnya berbentuk bulat. Ujung karet yang bulat ini akan membuat tinta yang ada di screen akan tersapu dalam jumlah banyak dan juga hasilnya akan tebal. Rakel semacam ini digunakan untuk penyablonan dengan bahan tinta yang menyala dan berwarna kontras.

Rakel miring

Rakel miring merupakan jenis rakel dengan karet yang berbentuk miring tapi hanya disalah satu sisi dan ujungnya lancip. Karena bentuknya tidak terlalu jauh berbeda dengan rakel lancip, maka hasil sablonan dari rakel lancip ini juga mirip dengan hasil sablonan dari rakel lancip.

Rakel tumpul

Rakel tumpul adalah jenis rakel dengan bagian ujung berupa karet dengan bentuk yang hampir sama dengan rakel yang berbentuk kotak. Perbedaannya terletak pada bagian sudutnya. Rakel kotak memiliki sudut 90 derajat sedangkan rakel tumpul tidak memiliki sudut sehingga bentuknya tumpul.

Jenis rakel ini memiliki kemempuan untuk menyapu tinta dalam jumlah yang cukup banyak. Karena itulah rakel ini biasa digunakan untuk menyablon kain. Selain itu rakel ini juga digunakan untuk menyablon pada kain yang memiliki ketebalan tinggi seperti selimut dan juga handuk.

Related Post